Saturday, March 4, 2017

Manfaat Kencur (Kaempferia galangal) dalam Mengurangi Rasa Sakit

Oleh Heru Tricahyanto (tricahyantoh@yahoo.com)

Hai Sobat pecinta hidup sehat apa kabarnya…. Semoga selalu sehat yaa. Pada beberapa artikel sebelumnya kami sudah menulis beberapa manfaat kencur.  Ada tulisan tentang manfaat kencur dalam melawan bakteri pathogen, manfaat beraskencur bagi anak-anak dan ada cara membuat beras kencur.
Nah ternyata manfaat kencur tidak hanya itu saja. Ekstrak rimpang kencur bisa untuk mengurangi rasa sakit lho. Ini tidak hanya isapan jempor atau isu saja. Karena manfaat kencur dalam mengurangi rasa sakit ini sudah ada penelitiannya yang dilakukan dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Penelitian tersebut berjudul :
PENGARUH EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga Linn) TERHADAP JUMLAH GELIATAN MENCIT BALB/C YANG DIINDUKSI ASAM ASETAT.

Seperti yang kita tahu rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn) ini telah dimanfaatkan
oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional. Sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah ekstrak etanol rimpang kencur dapat menurunkan rasa sakit. Nah sebagai “pasiennya” mereka menggunakan hewan tikus putih atau mencit sebanyak 25 ekor.
Caranya cukup menarik lho.. untuk menimbulkan rasa sakit atau nyeri  mencit tadi diinjeksi dengan suatu zat yaitu 1 ml larutan asam asetat 0,1%.Reaksi terhadap zat ini adalah menggeliat karena rasa nyeri. Kemudian dihitung jumlah geliatannya setiap 5 menit selama 15 menit. Data yang didapat kemudian dianalisis secara statistik dengan SPSS 15,0 for windows.
            Bagaimanakah hasilnya? Pada penelitian tersebut mencit jantan sebanyak 25 ekor dibagi ke dalam 5 kelompok yang diberi kode p1-p5. Masing-masing kelompok diberi dosis ekstrak kencur dengan berat yang berbeda-beda. Kelompok I (kontrol negatif) diberi suspense cmc; kelompok II, III dan IV diberi larutan ekstrak dosis 19,2 mg, 25,6 mg dan 32 mg per 20 gram BB; serta kelompok V (kontrol positif) diberi aspirin dosis 1,3 mg/20 gram BB. Hasilnya didapatkan perbedaan bermakna antara kelompok perlakuan, kelompok kontrol dan pembanding.
            Dari percobaan untuk mengetahui manfaat kencur tersebut maka disimpulkan bahwa pemberian ekstrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn)  mempunyai pengaruh terhadap penurunan rasa sakit mencit. 



              Nah bagaimanakah kita agar bisa memanfaatkan khasiat kencur ini? salah satu cara paling mudah ya dengan membuat beras kencur. Pemesanan bisa mengubungi via WA 087738500837 dengan harga 50 ribu per paket isi 4 sachet. Bisa disajikan untuk 15 orang-20 orang.


No comments:

Post a Comment