Friday, March 3, 2017

Cara Membuat Minuman Beras Kencur



Hai Sobat pecinta hidup sehat…. Bagaimana kabarnya. Semoga sehat-sehat selalu yaaa..
Pada beberapa artikel sebelumnya kami sudah memaparkan tentang manfaat kencur (Kaempferia galangal). Lalu pertanyaannya bagaimana memanfaatkannya agar bisa berdampak baik bagi kesehatan kita. Terutama kalau kita sudah memilik anak, tentu kalau diminta memakan langsung rimpang kencur nggak bakalan suka kan..
Nah secara tradisional kencur ini sudah diramu menjadi minuman herbal organik yang kita kenal sebagai beras kencur. Mari kita belajar membuatnya. Beras kencur ini dibuat dari bahan-bahan di bawah ini :

  1. -          Kencur, sebagai bahan utama
  2. -          Beras
  3. -          Cengkeh
  4. -          Jeruk nipis
  5. Bahan tambahan lain adalah kunyit, jahe dan gula pasir, daun salam
  6.  

Cara membuat beras kencur adalah seperti berikut ini :


  • 1.       Pertama kali rendam dahulu beras sebanyak 200gr, kira-kira satu genggaman tangan dewasa. Beras direndam dalam air bersih selama 3 jam. Jangan terlalu lama yaa.
  • 2.       Kemudian siapkan 6 gelas air bersih, lalu kita panaskan di dalam panci. Ke dalamnya ditambahkan jahe, daun pandan dan asam jawa, kunyit, kencur serta gula jawa. Campuran tersebut dipanaskan sampai mendidih sambil kita aduk-aduk merata. Tunggu sampai matang yaa.
  • 3.       Kemudian setelah benar-benar masak saringlah air rebusan di atas, lalu pisahkan ampasnya. Ampas yang sudah disendirikan ini terus ditumbuk bersama rendaman beras tadi. Campuran tersebut ditumbuk terus hingga halus.
  • 4.       Setelah halus  masukkan kembali ke dalam saringan, lalu siram dengan air rebusan tadi agar aroma beras kencurnya lebih kuat.
  • 5.       Untuk memperoleh rasa segar tambahkan perasan jeruk nipis serta sedikit garam untuk mengurangi rasa sepet. Lalu aduklah sampai rata.
  • 6.       Lalu cicipi, bila kurang gula bisa ditambahkan. Kalau sudah enak siap dihidangkan.

Beras kencur ini bermanfaat untuk merangsang nafsu makan pada anak. Karena memilik kandungan zat yang menghambat pertumbuhan berbagai bakteri pathogen.
Nah gampang yaaa
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment