Friday, March 3, 2017

Lima Manfaat Beras Kencur (Kaempferia galangal)




Hai Sobat pecinta hidup sehat…. Bagaimana kabarnya. Semoga sehat-sehat selalu yaaa. Untuk menjaga kesehatan tentu harus cukup minum lho. 

Pada artikel sebelumnya kami sudah menulis tentang beberapa manfaat beras kencur kaitannya dengan penghambatan aktivitas mikrobia. Ternyata dari zat bioaktif  kencur ini memang bersifat menghambat pertumbuhan populasi bakteri dan jamur pathogen. Minyak atsiri kencur menghambat beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus faecalis, Bacillus subtilis, Salmonella typhi, dan Escherichia coli. Sementara jamur yang dihambat oleh minyak atsiri kencur adalah Candida albicans.
Nah lalu kita lanjut ke minuman tradisional beras kencur yang sudah ada sejak nenek moyang. Karena kandungan kencurnya maka beras kencur juga mewarisi manfaat dari sifat menghambat bakteri pathogen tersebut.
Lima manfaat beras kencur antara lain adalah :
-       Meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak
-       Menebalkan dinding lambung, hal ini tentu akan sangat terasa manfaat beras kencurnya bagi pada penderita maag.
-       Menghilangkan pegal linu. Ini cocok untuk para pekerja yaa
-       Menghilangkan masuk angin. Karena beras kencur ada kandungan jahenya juga maka rasa hangat bisa mengusir masuk angin
-       Meningkatkan vitalitas. Kalau bakteri pathogen berkurang maka pencernaan lancar sehingga badan terasa segar kan…
Nah bagaimana caranya membuat beras kencur. Sudah ada artikelnya , baca yaaa…

Baca juga :





No comments:

Post a Comment